Nurbhakti Ahmad Syawalludin; " />
Record Detail Back

XML

Perancangan Pusat Perbelanjaan 'Taman Kopo Indah' Kabupaten Bandung Tema Arsitektur Bioklimatik


Kecenderungan untuk mengupayakan efektifitas komersial mengakibatkan terjadinya pergeseran wadah bagi kegiatan perdagangan. Sehingga, sistem seperti pertokoan linear (shopping street) dan pasar tradisional mulai ditinggalkan dan beralih ke bentuk pusat perbelanjaan yang tidak hanya menawarkan kelengkapan namun juga kenyamanan, kemudahan serta efektifitas komersial yang lebih tinggi, didukung oleh jumlah penduduk dan pendapatan perkapita yang cukup tinggi, Kabupaten Bandung membutuhkan Pusat Perbelanjaan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tempat berbelanja sekaligus tempat hiburan keluarga bagi masyarakat Taman Kopo Indah dan di sekitarnya.

Perancangan Pusat Perbelanjaan di Kabupaten Bandung berdasarkan pada konsep mencakup fungsi utama yaitu untuk kegiatan perbelanjaan serta fungsi penunjang yaitu kegiatan edukatif atau pendidikan dan rekreasi. Permasalahan pada proses perancangan ini ialah menyatukan beberapa fungsi kegiatan yang berbeda antara kegiatan perbelanjaan dan rekreatif dan menggabungkan dua fungsi tersebut ke dalam satu bangunan yang saling terintegrasi satu sama lain.

Perancangan Pusat Perbelanjaan menerapkan tema arsitektur bioklimatik dengan bentuk massa banyak respon terhadap lingkungan dengan kaitannya iklim daerah, sedikit ornamen, efisiensi ruang. Berdasarkan pada hasil analisis dan pengamatan studi literatur, studi banding dan studi preseden, perancangan sebuah pusat perbelanjaan selalu didampingi oleh penunjang aktifitas pengunjung bangunan Pusat Perbelanjaan di Taman Kopo Indah Kabupaten Bandung.

Kata kunci : Pusat perbelanjaan, Arsitektur Bioklimatik, Rekreatif
NONE
Text
Indonesia
2019
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Nurbhakti Ahmad Syawalludin. (2019).Perancangan Pusat Perbelanjaan 'Taman Kopo Indah' Kabupaten Bandung Tema Arsitektur Bioklimatik.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd