Nurlaila Auliya; " />
Record Detail Back

XML

Perancangan Apartemen Sewa Kelas Menengah dengan Tema Urban Oasis


Kota Bandung merupakan daerah yang sudah banyak berdiri bangunan- bangunan kantor pemerintah yang sebagian besar pekerja, yang bekerja disana yaitu dari Bandung timur sehingga akan sangat memerlukan waktu yang banyak maka untuk mengefesiensikan waktu dan jarak terancanglah perencanaan apartemen yang ada di jalan Gedebage yang merupakan kawasan untuk kelas menengah. Lahan yang ada di kawasan tersebut sangat gersang sehingga solusi yang terbaik untuk menjawab lingkungan sekitar dibuatlah perencanaan apartemen dengan tema urban oasis yang akan memberikan ruang terbuka publik, taman, plaza yang berada di sekitar bangunan. Efek oasis mengacu pada penciptaan iklim yan lebih dingin dari pada daerah kering sekitarnya maka terancanglah plaza untuk mengoptimalkan efek oasis sebagai memerangi panas perkotaan. Apartemen adalah bangunan bertingkat yang didalamnya terdapat beberapa unit hunian, setiap unit terdapat beberapa ruang yang dapat menampung aktifitas sehari – hari. Disediakannya beberapa fasilitas yang disediakan untuk digunakan bersama sama.

Urban oasis adalah sumber ketenangan yang berada di kawasan gurun, biasanya terdapat sumber mata air atau sejenisnya. Pendukung oasis yang mengadobe seperti di timur tengah yaitu elemen pasir dan pohon palem yang menjadi dominan juga adanya unsur air yang memberikan ketenangan bagi lingkungan tersebut. Oasis ini digunakan oleh penghuni, dan beberapa pengunjung, karena bersifat semi private selama aktivitas sehari – hari. Plaza menyediakan tempat teduh dan menyaring suara lalu lintas dengan perbedaan elevasi dan juga vegetasi yang akan menyaring suara lalu lintas kendaraan. Tujuan Apartemen Sewa dengan konsep Urban oasis adalah mewujudkan sebuah wadah hunian yang mampu memberikan kenyamanan, kemudahan, bebas dari gangguan kebisingan dan sebagainya bagi penghuni perorangan atau keluarga yang tinggal didalamnya.

Kata Kunci : Apartemen, Urban oasis, Kelas menengah
Nurlaila Auliya - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
2019
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Nurlaila Auliya. (2019).Perancangan Apartemen Sewa Kelas Menengah dengan Tema Urban Oasis.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd