Kiki Muhammad Rizqi; " />
Record Detail Back

XML

Implementasi Intrusion Ditection System (IDS) untuk Dedicated Server Menggunakan Kibana, Evebox dan Suricata pada Linux (Studi Kasus: SMK Prakarya Internasional)


Jaringan server yang ada pada SMK Prakarya Internasional sudah dimanajemen dengan baik, namun ada beberapa hal yang belum diperhatikan dan diimplementasikan, yaitu sistem monitoring keamanan jaringan terhadap gangguan atau serangan secara realtime.
Hal ini mengakibatkan sistem jaringan server pada SMK Prakarya Internasional rentan dan berbahaya terhadap serangan. Selain itu apabila terjadi serangan pada jaringan, administrator jaringan belum bisa mengetahui dengan pasti apa yang sedang terjadi, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diatasi. Penelitian ini bertujuan memonitoring keamanan jaringan server SMK Prakarya Internasional secara realtime menggunakan suricata dan mendeteksi adanya intrusi-intrusi jaringan (penyusupan, penyerangan, pemindaian dan beragam bentuk ancaman lainnya yang diatur pada rule-rule di dalam suricata). Agar mempermudah administrator dalam melihat dan membaca hasil log dari setiap paket data yang masuk atau keluar maka menggunakan Evebox dan Kibana.
Pada percobaan ini PC Server menggunakan sistem operasi Linux Debian. Pengujian dilakukan pada Local Area Network, dimana hasil gangguan yang disebabkan DoS dan Port Scanner dapat dikenali oleh suricata IDS dan menampilkan log secara lengkap, baik dari waktu, tanggal kejadian dan sumber IP Address dari penggangu dan lokasinya.
Kiki Muhammad Rizqi - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Kiki Muhammad Rizqi. (2019).Implementasi Intrusion Ditection System (IDS) untuk Dedicated Server Menggunakan Kibana, Evebox dan Suricata pada Linux (Studi Kasus: SMK Prakarya Internasional).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd