Lutfhy Adzkar Alfath; " />
Record Detail Back

XML

Perencanaan Persediaan Bahan Baku Kacang Kedelai Selama Pandemi Covid-19 Dengan Metode Economic Order Quantity(EOQ)(Studi Kasus: Industri Tahu Ud. Tahu Garawangi)


UD. Tahu Garawangi merupakan industri olahan makanan yang bergerak di bidang agroindustri yang memanfaatkan kacang kedelai sebagai bahan baku utama pembuatan tahu, tanpa adanya kacang kedelai proses produksi pembuatan tahu akan terhenti, disini perlu adanya pengendalian persediaan untuk menunjang kelancaran proses pruduksi pembuatan tahu. Perusahaan ini belum memiliki perencanaan pengadaan bahan baku kacang kedelai untuk ke depannya, saat ini perusahaan hanya memperkirakan untuk menentukan pemesanan bahan bakunya, sehingga menimbulkan ketidakpastian pada persediaan bahan baku, ketidakpastian ini membuat persedian tidak terkontrol dan UD. Tahu Garawangi seringkali mengalami kekurangan bahan baku yang mengakibatkan terhentinya proses produksi. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perencanaan persediaan bahan baku kacang kedelai agar persediaan kacang kedelai dapat dikendalikan dengan optimal. Dari hasil perencanaan bahan baku kacang kedelai yang dihitung dengan metode EOQ, maka diperoleh kesimpulan bahwa perkiraan jumlah pemakaian bahan baku kacang kedelai yang akan di pakai oleh UD Tahu Garawangi untuk tahun 2021 sebesar 18180,00 kg dengan kuantitas pemesanan yang optimal sebesar 2961,27 kg, pemesanan ini dilakukan selama 6 kali dalam setahun. Sedangkan titik pemesanan kembali dilakukan pada saat persediaan sebesar 285,51 kg. Persediaan pengaman yang harus tersedia digudang sebesar 224,10 kg dan total biaya persediaan tahunan yang harus dikeluarkan yaitu sebesar Rp. 2.517.086.
Lutfhy Adzkar Alfath - Personal Name
658 ALF p
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Lutfhy Adzkar Alfath. (2021).Perencanaan Persediaan Bahan Baku Kacang Kedelai Selama Pandemi Covid-19 Dengan Metode Economic Order Quantity(EOQ)(Studi Kasus: Industri Tahu Ud. Tahu Garawangi).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd