Gilang Tazali Adidharma; " />
Record Detail Back

XML

Perhitungan Dan Analisa Nilai Overall Equipment Effectiveness (OEE) Pada Proses Calendering Di Mesin Calender (Studi Kasus: PT. X)


Maintenance merupakan fungsi yang penting dalam suatu pabrik untuk melancarkan jalannya suatu proses produksi. Mesin merupakan faktor produksi yang sangat menentukan kelancaran suatu produksi. Sehingga tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa baik perawatan yang dilakukan oleh perusahaan, mengetahui penyebab kerusakan yang terjadi, serta memberikan solusi usulan perbaikan untuk perawatan mesin tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Overall Equipment Effectiveness (OEE), Six Big Losses, Fault Tree Analysis (FTA), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Overall Equipment Effectiveness (OEE) yang berguna untuk menghitung efektifitas suatu mesin. Six Big Losses untuk mengetahui 6 kerugian besar yang menyebabkan rendahnya kinerja dari peralatan. Fault Tree Analysis (FTA) berguna untuk mendeteksi adanya gejala supanya mengetahui akar penyebab suatu masalah, dimulai dari kejadian TOP (puncak) dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) digunakan untuk membuat usulan perbaikan manajemen perawatan mesin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai OEE pada mesin calender didapat 71%, nilai tersebut kurang dari standar yaitu 85%. Dari six big losses didapat losses terbesar diperoleh pada reduced speed dengan nilai 20%. Berdasarkan Fault Tree Analysis (FTA) penyebab tingginya reduced speed dikarenakan 2 faktor, yaitu faktor mesin dan material. Dari penyusunan FMEA diketahui bahwa nilai dengan Risk Priority Number (RPN) terbesar terdapat pada tidak standar nya nilai mooney viscocity dengan nilai RPN 640.
Gilang Tazali Adidharma - Personal Name
658 ADI p
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Gilang Tazali Adidharma. (2021).Perhitungan Dan Analisa Nilai Overall Equipment Effectiveness (OEE) Pada Proses Calendering Di Mesin Calender (Studi Kasus: PT. X).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd