I Gede Agus Eddy Prayudha Putra; " />
Record Detail Back

XML

Sistem Peringatan Beban Trafo Distribusi Berbasis Atmega 2560 Untuk Optimalisasi Pemerataan Beban Trafo Dalam Rangka Penekanan Gangguan Trafo (Studi Kasusdi Pln Up3 Purwakarta)


Salah satu cara untuk memastikan kondisi trafo dalam keadaan prima adalah dengan secara rutin melakukan pengukuran pada seluruh Trafo Distribusi PLN secara berkala untuk memastikan seluruh parameter pada Trafo Distribusi seperti pembebanan (Ampere) dan tegangan (Voltage) sesuai dengan standar yang ada. Namun dalam pelaksanaannya masih kurang efektif karena keterbatasan personil untuk melakukan pengecekan parameter seluruh Trafo Distribusi secara rutin sehingga mengakibatkan tidak dapat diketahui sejak dini jika terjadi gangguan pada jaringan listrik ataupun trafo itu sendiri yang mengakibatkan terjadinya kerusakan pada trafo distribusi. Kerusakan pada trafo distribusi ini dapat menimbulkan kerugian antara lain terganggunya pasokan energi listrik kepada masyarakat sehingga menurunkan pelayanan PLN, dan kerugian materil untuk mengganti komponen trafo distribusi ataupun penggantian trafo distribusi yang baru. Beban tidak seimbang menyebabkan salah satu kumparan fasanya akan panas dan jika dibiarkan akan dapat membuat kumparan putus. Selain itu ada dampak lain dari beban yang tidak seimbang yaitu munculnya arus netral sehingga akan berdampak pada rugi-rugi (losses) pada trafo meningkat. Alat yang dibuat bisa memonitoring arus, tegangan, daya aktif yang akan ditampilkan pada LCD dan notifikasi melalui Aplikasi Thingspeak. Sensor yang digunakan yaitu PZEM- 004 T dan mikrokontroler yang digunakan yaitu Atmega 2560. Dengan alat ini, dapat mengatasi gangguan secepat mungkin sebelum terjadi kerusakan yang parah yang mengakibatkan terjadinya pemadaman sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan PLN.
621 PUT s
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
I Gede Agus Eddy Prayudha Putra. (2021).Sistem Peringatan Beban Trafo Distribusi Berbasis Atmega 2560 Untuk Optimalisasi Pemerataan Beban Trafo Dalam Rangka Penekanan Gangguan Trafo (Studi Kasusdi Pln Up3 Purwakarta).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd