Ajeng Hasnaa Isnaeni Fawaz; " />
Record Detail Back

XML

Perancangan Pusat Kebudayaan Sunda Di Kabupaten Bandung (Tema: Arsitektur Neo Vernakular)


Abstrak
Pusat Kebudayaan merupakan suatu tempat dimana budaya daerah yang ada dapat diwadahi dengan fasilitas atau sarana dan prasarana yang menunjang fungsinya. Selain menjadi wadah keberadaan pusat kebudayaan sendiri diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terdahap pelestarian budaya daerah.
Pemerintah Provinsi Jawa Barat mencanangkan program kerja pembangunan pusat kebudayaan Sunda yang akan dibangun di lima Kabupaten diantaranya; Kabupaten Sumedang, kabupaten Subang, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Garut dan Kabupaten Bandung. Program kerja pembangunan pusat kebudayaan Sunda diharapkan dapat membantu meningkatkan potensi dan kesadaran masyarakat dalam melestarikan kebudayaan Sunda. Bangunan pusat kebudayaan selain menjadi wadah juga perlu mengimpretasikan budaya kedalam desain sehingga dalam perancangannya akan menggunaka prinsip-prinsip arsitektur neo-vernakular.
Penerapan arsitektur neo-vernakular pada perancangan diharapkan dapat membantu menginterpretasikan nilai-nilai budaya Sunda kedalam perancangan tapak maupun bangunan. Dalam proses perancangan pusat kebudayaan sunda perlu melalui beberapa proses yang dimulai dengan perumusan masalah, pengumpulan data baik primer maupun sekunder, pengolahan data berupa Analisa, pengembangan ide konsep dan perancangan itu sendiri dengan penerapan prinsip- prinsip arsitektur neo-vernakular.
720 FAW p
700
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Ajeng Hasnaa Isnaeni Fawaz. (2021).Perancangan Pusat Kebudayaan Sunda Di Kabupaten Bandung (Tema: Arsitektur Neo Vernakular).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd