Muhammad Rizal Solihin; " />
Record Detail Back

XML

Rancang Bangun Aplikasi Seleksi Santri Pendamping Guru Tahsin Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Dan Profile Matching (Studi Kasus: Pusat Studi Al-Qur’an (PUSDIQU))


Abstrak
Pondok pesantren merupakan Lembaga Pendidikan yang mempelajari ilmu-ilmu agama Islam. Para santri dibina dan diajarkan berbagai keilmuan keagamaan seperti ilmu tahsin yang pada umumnya dikenal sebagai ilmu al-Quran. Saat ini terkhusus dalam kondisi pandemic kegiatan belajar mengajar di PUSDIQU dilakukan secara daring, pembelajaran secara dari memiliki tingkat kesulitannya tersendiri terkhusus bagi seorang guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar, penilaian dan lain sebagainya dalam proses pembelajaran. Dalam menangani permasalahan tersebut PUSDIQU kemudian meluncurkan suatu kebijakan baru yang mana santri terbaik yang sesuai dengan kriteria akan dijadikan sebagai pendamping guru dalam kegiatan belajar mengajar. Santri-santri yang memiliki prestasi dipilih dan diseleksi untuk menjadi pendamping guru tahsin dengan berbagai tahapan. Bukanlah hal yang mudah melakukan seleksi santri terbaik dari jumlah santri yang begitu banyak, Dalam proses pengambilan keputusan pemilihan santri-santri terbaik memerlukan sebuah sistem yang mampu menghitung tingkat-tingkat prestasi yang dicapai oleh santri dan mampu melakukan perhitungan secara akumulatif dengan tingkat presisi yang baik serta mendukung dalam pengambilan keputusan dengan secara otomatis melakukan pemeringkatan dari mulai santri dengan nilai tertinggi sampai nilai terendah, sehingga memudahkan dalam pengambilan keputusan. Pada penelitian ini menjawab permasalahan tersebut dengan membuat aplikasi pengambilan keputusan yang didukung dengan dua metode komputasi yaitu profile matching dan simple additive weighting. Data santri dikumpulkan dengan capaian selama pembelajaran kemudian diolah dan seleksi menggunakan aplikasi. Berdasarkan pada proses seleksi dilakukan menggunakan aplikasi, output yang diberikan aplikasi berupa peringkat santri – santri dari nilai tertinggi sampai terendah membantu pihak PUSDIQU dalam pengambilan keputusan dalam memilih santri yang dijadikan sebagai pendamping guru. Tidak hanya hasil presisi yang didapat dengan kualitas baik, sisi lain aplikasi dapat mempercepat proses seleksi.
Muhammad Rizal Solihin - Personal Name
005 SOL r
000
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Muhammad Rizal Solihin. (2021).Rancang Bangun Aplikasi Seleksi Santri Pendamping Guru Tahsin Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Dan Profile Matching (Studi Kasus: Pusat Studi Al-Qur’an (PUSDIQU)).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd