Reri Adli Elti Desra; " />
Record Detail Back

XML

Komparasi Metode Topsis Dan Saw Pada Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan (Spk) Untuk Menentukan Tingkat Kecocokan Pekerjaan Bagi Mahasiswa Berdasarkan Kepribadian (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Langlangbuana Bandung)


Abstrak
Pekerjaan merupakan titik awal memulai kehidupan yang sesungguhnya, sehingga pemilihan pekerjaan merupakan hal yang krusial dan harus melalui pertimbangan yang sangat matang agar tidak salah dalam menentukan pekerjaan yang tepat. Untuk membantu menentukan pekerjaan yang cocok berdasarkan kepribadian mahasiswa diperlukan sistem pendukung keputusan. Sistem pendukung keputusan berfungsi sebagai alat bantu dalam pengambilan keputusan pada proses pemilihan pekerjaan berdasarkan kepribadian. Dalam penelitian ini digunakan dua metode sistem pendukung keputusan yang dibandingkan yaitu metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) dan metode SAW (Simple Additive Weighting) untuk mendapatkan pendukung keputusan yang lebih baik untuk menentukan pekerjaan cocok berdasarkan kepribadian mahasiswa.
Teori kepribadian yang digunakan pada penelitian ini adalah teori kepribadian RIASEC yang membagi kepribadian menjadi enam aspek yaitu Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising, dan Conventional. Yang mana setiap aspek kepribadian dijadikan alternatif, dan setiap aspek kepribadian memiliki karakteristik yang berbeda-beda, yang mana setiap karakteristik tersebut dibuat menjadi beberapa pertanyaan yang dijadikan sebagai kriteria untuk melakukan perhitungan menggunakan metode TOPSIS dan SAW. Hasil penelitian yang didapatkan adalah bahwa metode TOPSIS dan metode SAW dapat diimplementasikan dalam kasus ini. Namun berdasarkan perbandingan yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa metode SAW lebih baik di bandingkan metode TOPSIS.
Reri Adli Elti Desra - Personal Name
005 DES k
000
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Reri Adli Elti Desra. (2021).Komparasi Metode Topsis Dan Saw Pada Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan (Spk) Untuk Menentukan Tingkat Kecocokan Pekerjaan Bagi Mahasiswa Berdasarkan Kepribadian (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Langlangbuana Bandung).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd