Salfyana Yahya Ruchimat; " />
Record Detail Back

XML

Sistem Pakar Untuk Rekomendasi Bibit Tanaman Padi Dengan Metode Forward Chaining (Studi Kasus: Dinas Pertanian Kabupaten Karawang)


Abstrak
Bibit memegang peranan penting dalam budidaya pertanian. Dalam proses penanaman bibit padi belum tentu berhasil karena sewaktu-waktu bisa saja terjadi kegagalan, salah satu penyebabnya yaitu penanaman bibit padi yang tidak tepat hal itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu ekosistem, kesesuaian lahan dengan anjuran tanam, pola tanam serta karakteristik tanaman itu sendiri. Oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan sebuah sistem yang mempunyai pengetahuan seperti seorang pakar yang dapat memberikan rekomendasi bibit tanaman padi berdasarkan kriteria yang dibutuhkan. Sistem pakar (Expert System) adalah salah satu cabang dari kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), yang merupakan suatu aplikasi komputerisasi yang berusaha menirukan proses penalaran dari seorang ahli dalam memecahkan masalah spesifik dan membuat suatu keputusan atau kesimpulan karena pengetahuannya disimpan di dalam basis pengetahuan untuk diproses pemecahan masalah. Pada penelitian ini sistem pakar menggunakan metode penelitian rekayasa dengan pendekatan forward engineering, Adapun model pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah model prototype. yang dirancang berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan metode inferensi forward chaining yang dimaksudkan untuk membantu petani dalam memilih bibit tanaman padi.
Salfyana Yahya Ruchimat - Personal Name
005 RUC s
000
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Salfyana Yahya Ruchimat. (2021).Sistem Pakar Untuk Rekomendasi Bibit Tanaman Padi Dengan Metode Forward Chaining (Studi Kasus: Dinas Pertanian Kabupaten Karawang).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd