Herdi Nurdiansyah; " />
Record Detail Back

XML

Sistem Monitoring Keamanan Ruangan Berbasis Mikrokontroler ATMEGA328P (Studi Kasus Di Ruang Alat Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Majalaya)


Abstrak
Keamanan sebuah ruangan merupakan salah satu hal yang penting dilakukan oleh pihak yang bersangkutan untuk menjaga barang berharganya supaya tidak hilang. Terutama ruangan alat yang terdapat banyak alat dan bahan praktik yang sangat dibutuhkan oleh sekolah, ruangan ini menjadi salah satu ruangan yang rawan pencurian. Oleh karena itu, diperlukan sistem keamanan ruangan yang efektif agar pihak sekolah atau jurusan dapat mengetahui informasi tentang keadaan ruangan dan mengetahui siapa saja yang masuk ke dalam ruangan tersebut. Penulis merancang sistem monitoring keamanan ruangan dengan memanfaatkan teknologi RFID yang dilengkapi dengan sensor PIR dan modul kamera ESP32-Cam sebagai pengambil gambar dan pengirim data yang nantinya ditampilkan pada aplikasi Bot Telegram. Dimana semua sistem diproses dalam satu sistem mikrokontroler ATmega328P. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keamanan yang pada awalnya hanya berupa kunci konvensional kemudian dipadukan dengan Magnetic Lock sehingga dapat mengurangi kemungkinan terjadinya pencurian pada saat ruangan dalam keadaan kosong. Metode penelitian yang digunakan meliputi pengumpulan data (observasi, studi literatur dan studi kasus) dan pembuatan alat (perencanaan, analisis, desain, program dan uji coba). Berdasarkan hasil pengujian diketahui bahwa magnetic lock dapat dibuka jika kartu/tag RFID telah terdaftar, sehingga tidak sembarangan orang dapat mengaksesnya. Sensor PIR dan modul kamera ESP32-Cam dapat bekerja dengan baik. Saat terdeteksi gerakan, gambar otomatis diambil dan dikirim ke aplikasi Bot Telegram , sehingga membuat ruang alat lebih aman saat ditinggalkan.
Herdi Nurdiansyah - Personal Name
621 NUR s
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Herdi Nurdiansyah. (2021).Sistem Monitoring Keamanan Ruangan Berbasis Mikrokontroler ATMEGA328P (Studi Kasus Di Ruang Alat Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Majalaya).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd