Claudia Chandra; " />
Record Detail Back

XML

Perancangan Gereja Kristen Protestan Di Kota Bandung Tema: Arsitektur Analogi


Abstrak
Gereja merupakan sebuah wadah/tempat dilakukannya berbagai kegiatan keagamaan Kristen yang mencakup kegiatan persekutuan dan pelayanan umat Kristiani. Berbagai kegiatan keagamaan tersebut merupakan kegiatankegiatan yang bertujuan untuk mendorong terjadinya proses pemeliharaan, pertumbuhan dan pengembangan iman umat. Sebagai tempat yang mengakomodasi kegiatan tersebut, Gereja harus mampu menciptakan suasana ruang yang turut mendukung terjadinya proses pemeliharaan, pertumbuhan dan pengembangan iman sehingga dapat memperlancar aktivitas kerohanian yang ada. Kota Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang memiliki banyak masyarakat penganut agama Kristen. Namun di beberapa daerah kota Bandung tidak memiliki jumlah Gereja Kristen yang memadai untuk mewadahi kegiatan keagamaan masyarakat kristen daerah tersebut.
Guna mewadahi kegiatan keagamaan kristen di salah satu daerah di Kota Bandung yaitu daerah Taman Kopo Indah (TKI) maka dilakukan perancangan gereja kristen untuk daerah tersebut. Gereja diharapkan dapat menjadi fasilitas yang bisa mendukung kegiatan keagamaan masyarakat kristen daerah Taman Kopo Indah (TKI).
Arsitektur Analogi adalah pendekatan tema yang dipilih sebagai acuan dalam membahas Gereja Kristen Protestan ini. Pemilihan arsitektur analogi yang berfokus pada analogi simbolik ini dikarenakan mempertimbangkan pada jenis kegiatan pada perancangan yang cenderung berkaitan dengan simbol-simbol keagamaan. Pendekatan analogi dapat dikatakan berhasil jika pesan yang ingin disampaikan atau objek yang dianalogikan dapat dimengerti oleh mayoritas orang. Dalam hal ini, bangunan banyak menggunakan simbol-simbol dalam agama kristen yang dapat dengan mudah dikenali oleh penganut agama kristen.
Claudia Chandra - Personal Name
720 CHA p
700
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Claudia Chandra. (2021).Perancangan Gereja Kristen Protestan Di Kota Bandung Tema: Arsitektur Analogi.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd