Asep Cahyana; " />
Record Detail Back

XML

Perancangan Apartemen Sewa Untuk Mahasiswa Di Jatinangor (Tema: Arsitektur Bioklimatik)


Abstrak
Jatinangor ditetapkan sebagai kawasan pendidikan tinggi berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Barat Nomor : 583/SK- PIK/1989. Dengan kebijakan tersebut, terdapat empat perguruan tinggi yang sekarang ada di Jatinangor yaitu: Institut Koperasi Indonesia (IKOPIN), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Penetapan fungsi Jatinangor sebagai kawasan pendidikan tinggi mempengaruhi perkembangan kawasan tersebut di berbagai aspek kehidupan masyarakat. Perubahan terjadi karena kehadiran sivitas akademika dan para pelaku kegiatan perdagangan dan jasa di Jatinangor. Banyaknya sivitas akademika yang migrasi ke Jatinagor memerlukan hunian sebagai tempat untuk tinggal sementara. Hal ini mendorong pertumbuhan kegiatan ekonomi baru yang lebih beragam, seperti keberadaan bisnis kos-kosan di sekitar kampus-kampus yang akan berdampak pada tidak tertatanya pemukiman penduduk.
Perancangan hunian vertikal diharapkan menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal bagi sivitas akademika, maupun para pelaku kegiatan perdagangan dan jasa yang bermigrasi ke Jatinangor. Tema perancangan apartemen ini adalah Arsitektur Bioklimatik dengan penekanan terhadap kenyamana termal pada bangunan. Penerapan shade and filter, thermal isulation, green dan cooling effect melalui elemen eksterior maupun interior, akan menjadi prinsip kerja dalam menghasilkan rancangan apartemen yang memenuhi standar kenyamanan termal.
Asep Cahyana - Personal Name
720 CAH a
700
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Asep Cahyana. (2021).Perancangan Apartemen Sewa Untuk Mahasiswa Di Jatinangor (Tema: Arsitektur Bioklimatik).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd