Riska Rosdiana; " />
Record Detail Back

XML

Apartemen Kelas Menengah Di Kota Bandung (Tema: Arsitektur Hijau)


Abstrak
Menurut Direktur Jenderal Penyediaan Kementrian PUPR pada tahun 2017, angka backlog (defisit hunian) terbesar di Indonesia ada pada Provinsi Jawa Barat. Menurut Kepala Bidang Perumahan Dinas dan Kawasan Permukiman, Pertahanan, dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, angka backlog Kota Bandung mencapai
10.000 unit, namun realisasinya hanya mencapai 10% dari target.
Pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat dan kondisi lahan semakin terbatas membuat manusia membutuhkan tempat tinggal yang dekat dengan pusat kota, tempat bekerja dan aktivitas. Dengan hunian yang harganya tidak terlalu mahal/terjangkau. Dengan kondisi tersebut maka pertimbangan adanya rumah secara horizontal sisa lahan akan habis, oleh karena itu, membangun hunian secara vertikal menjadi sebuah solusi bagi masyarakat untuk memiliki tempat tinggal. Selain itu, apartemen dapat dikelola oleh satu pihak tertentu dan menyewakan apartemen di tempat strategis dengan harga yang terjangkau memudahkan penjualan dimana apartemen itu sendiri tidak hanya milik tapi juga bisa sewa dan apartemen dapat dijadikan produk investasi.
Berdasarkan dengan hal tersebut, merencanakan hunian vertikal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan hunian sewa yang terjangkau, dimanfaatkan oleh masyarakat kelas menengah (Middle). Menurut Kepala Makro Ekonomi dan Finansial Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Abdul Manan Pulungan, kelas menengah di Indonesia adalah mereka dengan pendapatan rata-rata Rp 4,27 juta per bulan.
Perancangan bangunan apartemen kelas menengah menggunakan tema arsitektur hijau sebagai upaya untuk memperhatikan aspek lingkungan di Kota Bandung dan mendukung program Peraturan Walikota dengan kategori gedung atau proyek komersial dengan luas lebih dari 5.000 meter persegi wajib mengusung konsep bangunan hijau. Selain itu, konsumsi energi yang dihasilkan apartemen besar maka mengusung tema arsitektur hijau dapat dijadikan solusi untuk meminimalisir penggunaan energi yang tinggi agar tidak berdampak buruk terhadap lingkungan.
Riska Rosdiana - Personal Name
720 ROS a
700
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Riska Rosdiana. (2021).Apartemen Kelas Menengah Di Kota Bandung (Tema: Arsitektur Hijau).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd