Jositha Reyvaniastuti Paula; " />
Record Detail Back

XML

Prediksi Tebal Lapisan Beraspal pada Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Umpan Maju (Feedforward) dan Data FWD


Abstrak
“Prediksi Tebal Lapisan Beraspal pada Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Umpan Maju (Feedforward) dan Data FWD”, Jositha Reyvaniastuti Paula, 41155020140023, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Langlangbuana.
Pemeliharaan jalan biasanya dilakukan ketika jalan sudah terlanjur rusak, hal ini memakan banyak biaya karena perlu dilakukan perbaikan. Evaluasi perkerasan jalan bisa dilakukan jika ketebalan perkerasannya diketahui, sehingga biaya perbaikan bisa menjadi lebih efisien. Biasanya, diperlukan test pit untuk mengukur ketebalan perkerasan, tetapi metode tersebut merusak dan mahal harganya. Penelitian ini mencoba untuk menggunakan lendutan dari alat FWD untuk memprediksi ketebalan lapisan beraspal. Alat FWD memiliki kelebihan seperti mudah, cepat dan murah untuk menganalisis perkerasan. Nilai lendutan yang didapatkan dari alat FWD akan digunakan sebagai data input pada metode jaringan syaraf tiruan feedforward. Metode feedforward digunakan untuk mempermudah dalam perhitungan prediksi tebal lapisan beraspal.
Data input dan target dimasukan kedalam program MATLAB lalu dikonfigurasi untuk melihat apakah output dari jaringan yang dibuat bisa mendekati nilai target dan hasilnya ternyata bagus. Pada penelitian ini, terdapat 3 lokasi yang data lendutannya diuji. Prediksi ketebalan memiliki variasi hasil ketebalan yang berbeda untuk jalan Alusan yaitu 0,6cm (8,99%), untuk jalan Cikampek-Pamanukan 5,71cm (39,42%) dan jalan Cawang-Cibinong 12cm (32,7%).
Penelitian ini menunjukkan bahwa prediksi ketebalan lapisan aspal menggunakan metode feedforward neural network dapat diterima. Cara ini sangat efisien terutama dalam segi waktu. Selain itu juga menghemat biaya karena menggunakan peralatan FWD yang mudah, cepat, dan murah.
624 PAU p
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Jositha Reyvaniastuti Paula. (2021).Prediksi Tebal Lapisan Beraspal pada Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Umpan Maju (Feedforward) dan Data FWD.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd