Nugia Nurpratama; " />
Record Detail Back

XML

Analisis Efektifitas Kinerja Flyover Menggunakan Program Vissim (Simpang Jalan Gatot Subroto – Laswi)


Abstrak
Bandung adalah salah satu kota yang banyak memiliki jalan. Beberapa ruas jalan di Kota Bandung tepatnya Jalan Gatot Subroto dan Jalan Laswi merupakan penghubung permukiman dengan pusat-pusat kegiatan di Kota Bandung. Ruas Jalan Gatot Subroto dan Jalan Laswi mengalami kerapatan jarak kendaraan yang tinggi ketika pagi dan sore hari. Pemerintah kemudian membuat flyover untuk mengatasi kemacetan yang terjadi. Flyover dibangun dan memiliki tujuan untuk membuat lancar arus yang sebelumnya macet di beberapa tempat, perkembangan ini tentu benar benar mendukung lancarnya aktivitas penduduk di Kota Bandung. Namun kerap masih terjadi kemacetan setelah dibangunnya flyover.
Penelitian ini memakai metode studi literatur dan survey lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan mendatangi instansi setempat dan pengamatan langsung. Dengan cara analisis rekayasa lalu lintas dan simulasi vissim diharapkan dapat mengetahui efektifitas kinerja flyover simpang Jalan Gatot Subroto-Laswi.
Setelah dilakukan analisis efektifitas kinerja flyover simpang Jalan Gatot Subroto-Laswi ternyata tidak memberi perubahan yang signifikan. Flyover Gatot Subroto-Laswi tidak mampu meningkatkan tingkat pelayanan yang ada di Simpang Jalan Gatot Subroto–Laswi yang mana dari tingkat pelayanan F tetap menjadi F. Hal tersebut masih dapat ditindak lanjuti dengan menerapkan rekayasa lalu lintas, yaitu menggunakan cara fase yang diatur ulang dan waktu siklus dengan harapan dapat meningkatkan lagi tingkat pelayanan pada Simpang Jalan Gatot Subroto–Laswi.
Nugia Nurpratama - Personal Name
600
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Nugia Nurpratama. (2021).Analisis Efektifitas Kinerja Flyover Menggunakan Program Vissim (Simpang Jalan Gatot Subroto – Laswi).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd