Moh Ra’afi Iskandar Harjanegara; " />
Record Detail Back

XML

Analisis Penggunaan Metode Line Of Balance Pada Perencanaan Penjadwalan Proyek Repetitif (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Perumahan Griya Alamaya Banjaran)


Abstrak
Perencanaan penjadwalan setiap jenis pekerjaan biasanya dilakukan dengan menggunakan metode bar chart yang di kombinasikan dengan network Planing. Sedangkan untuk jenis proyek yang memiliki kegitan yang berulang / repetititf, metode tersebut kurang efektif untuk di terapkan. Metode line of balance dikenal lebih efektif untuk penjadwalan yang bersifat repetitif. Penelitian ini mencoba menganalisis efektivitas dari penggunaan metode line of balance pada penjadwalan proyek yang bersifat repetitif.
Setiap item pekerjaan dihitung waktu pengerjaan sehingga mendapatkan durasi untuk target mingguan, kemudian dilakukan penyesuaian jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dengan tujuan untuk meminimalisir waktu tunda (Lag time) dari setiap pekerjaan.
Penelitian ini menunjukan bahwa waktu awal dari pengerjaan proyek selama 20 unit adalah 292 hari kemudian setelah dilakukan penjadwalan ulang dengan metode line of balance menjadi 153 hari. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode line of balance cukup efektif diterapkan pada perencanaan penjadwalan proyek yang bersifat repetitif.
624 HAR a
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2021
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Moh Ra’afi Iskandar Harjanegara. (2021).Analisis Penggunaan Metode Line Of Balance Pada Perencanaan Penjadwalan Proyek Repetitif (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Perumahan Griya Alamaya Banjaran).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd