Aldo Enrico; " />
Record Detail Back

XML

Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Activity Based Costing dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) pada Konveksi GS88


Konveksi GS88 merupakan perusahaan yang berfokus pada pembuatan produk pakaian khusunya pria. Dengan berkembangnya konveksi ini, ternyata mengalami kenaikan permintaan sedangkan tenaga kerja yang dipunyai konveksi sangat terbatas, sehingga konveksi harus menambah tenaga kerja paruh waktu untuk membantu proses produksinya. Dengan menambah tenaga kerja paruh waktu, dan penambahan mesin yang digunakan hal tersebut akan berakibat pada terjadinya perubahan dalam harga pokok produksi dan struktur biaya. Sistem keuangan konveksi ini hanya menggunakan pembukuan manual, maka semakin meningkatnya pertumbuhan usaha tersebut menjadikan manajemen membutuhkan suatu sistem yang mampu memberikan informasi sesuai yang dibutuhkan secara cepat dan akurat. Tujuannya adalah menentukan perhitungan harga pokok produksi t-shirt tangan pendek dan t-shirt tangan panjang berdasarkan metode activity based costing, dan merancang sistem informasi akuntansi yang terkomputerisasi.

Penentuan perhitungan harga pokok produksi menggunakan activity based costing dinilai lebih akurat dikarenakan tidak hanya menggunakan satu pemicu biaya sebagai dasar pengalokasian biaya tersebut, sehingga konsumsi dari masing- masing produk dapat ditelusuri berdasarkan kapasitas konsumsi sumber daya yang diperlukan untuk menghasilkan produk. dan sistem informasi akuntansi yang memanfaatkan teknologi dapat menghasilkan informasi yang lebih cepat dan akurat.

Hasil perhitungan harga pokok produksi berdasarkan metode activity based costing diperoleh t-shirt tangan pendek sebesar Rp.44.780, dan t-shirt tangan panjang sebebsar Rp.57.371. Hal tersebut menunjukan bahwa adanya selisih dengan perhitungan yang saat ni digunakan, dengan adanya selisih perhitungan harga pokok produksi yaitu sebesar 17.116,485. Selanjutnya perusahaan akan lebih efektif dan akurat dalam pembukuan apabila perusahaan menggunakan sistem informasi akuntansi, sehingga akan mengurangi human error dalam input data transaksi.

Kata Kunci : Activity-Based Costing, Harga Pokok Produksi, Sistem Informasi
Akuntansi (SIA)
Aldo Enrico - Personal Name
99 658 ENR a
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Aldo Enrico. (2019).Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Activity Based Costing dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) pada Konveksi GS88.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd