Alfadila; " />
Record Detail Back

XML

Optimalisasi Rute Pendistribusian Produk Brownies Kukus, Bolu Gulung dan Bolen Pisang di CV. Vannisa


Distribusi dan transportasi adalah salah satu faktor yang cukup berpengaruh terhadap berhasilnya perusahaan menjual produknya. Salah satu strategi dalam distribusi dan transportasi yang dapat digunakan adalah perencanaan dan penentuan rute secara tepat, sehingga produk dapat diterima pelanggan dalam jumlah yang tepat dan biaya yang rendah. Permasalahan penentuan rute pendistribusian yang sedang dihadapi oleh CV. Vannisa adalah sistem distribusi dan rute yang tidak optimal karena tidak memaksimalkan kapasitas dari kendaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan rute pendistribusian produk, meminimalkan jarak tempuh dan meminimalkan biaya transportasi pada pendistribusian CV. Vannisa.

Solusi penentuan rute menggunakan metode savings matrix. Metode ini memungkinkan pengoptimalan menentukan rute dengan melihat kapasitas kendaraan, jumlah kendaraan dan jumlah permintaan setiap toko. Data yang digunakan adalah jarak gudang dengan semua toko dan jarak antar toko, kapasitas kendaraan, jumah kendaraan dan jumlah permintaan setiap toko.

Berdasarkan hasil penelitian terdapat rute baru pada bulan Agustus 2019 sebagai berikut rute 1 yaitu Gudang - Banteng - Soekarno Hatta - Cijerah - Cimahi - Cikadut - Cijambe - Ujung Berung - Cinunuk - Rancaekek - Ciparay - Banjaran - Soreang - Babakan sari – Gudang dan rute 2 yaitu Gudang - Margacinta - Bojongsoang - Cipamokolan – Gudang. Jarak tempuh awal pada bulan Agustus 2019 adalah sebesar 5.189,6 km setelah menggunakan metode savings matrix menjadi sebesar 3.877,1 km. Jarak tempuh yang dihemat sebesar 1.312,5 km atau 25,29%. Biaya transportasi awal pada bulan Agustus 2019 adalah sebesar Rp. 16.199.058 tetapi setelah menggunakan metode savings matrix biaya transportasi nya yaitu sebesar Rp. 15.096.607. Biaya transportasi yang dihemat sebesar Rp. 1.102.451 atau 6,81%. Jadi hasil yang didapat bahwa metode savings matrix dapat menentukan rute yang mampu meminimalkan jarak tempuh dan biaya transportasi.

Kata Kunci: Distribusi, Savings Matrix, Rute, Jarak Tempuh, Biaya Transportasi
Alfadila - Personal Name
104 658 ALF o
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Alfadila. (2019).Optimalisasi Rute Pendistribusian Produk Brownies Kukus, Bolu Gulung dan Bolen Pisang di CV. Vannisa.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd