Rini Ayu Yulianti; " />
Record Detail Back

XML

Perancangan Dan Pembuatan Alat pendeteksi Kualitas Jalan Untuk Mendukung Digitalisasi Data (Studi Kasus Di Kecamatan Antapani)


Jalan adalah sarana prasarana berupa ruang sirkulasi yang dibuat untuk mempermudah transportasi melalui jalur darat. Penglolaan jalan saat ini belum optimal dan kurang efisien, indikasinya dapat dilihat pada kasus-kasus kerusakan atau penurunan pada kualitas jalan, di Jawa Barat 54,72% jalan dalam kondisi sedang,rusak dan rusak parah. Untuk mengatasi hal tersebut penulis membuat suatu alat yang dapat membatu memonitoring dan mempercepat proses perbaikan pada suatu jalan. Komponen yang digunakan adalah MPU-9250 sensor ini mempunyai 9- axis yaitu 3-axis accelerometer, 3-axis gyroscope, dan 3 axis magnetometer yang mampu membaca getaran untuk mengetahui kualitas jalan dan dilengkapi GPS NE0-N8M berfungsi membaca titik koordinat atau lokasi pengukuran. Hasil pembacaan tersebut diolah menggunakan mikrokontroler Arduino ESP32 dengan tegangan sumber yang dibutuhkan 3,3 V. Hasil penelitian alat pendeteksi tingkat kualitas jalan sepanjang 4400 m di Kecamatan antapani menunjukan bahwa di Kecamatan Antapani, kualitas jalan terbagi menjadi empat kategori dengan range nilai yang dihasilkan alat yaitu, sangat rata dan teratur , sangat baik umumnya rata baik, baik dan cukup. Dengan nilai maksimum-18,53 dan nilai minimum -1,53.
Rini Ayu Yulianti - Personal Name
Andriana - Personal Name
Zulkarnain - Personal Name
Sutisna Abdul Rahman - Personal Name
Vol 18. No 2, 2021
600
Text
Indonesia
Journal Tiarsie
2021
Universitas Langlangbuana
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Rini Ayu Yulianti. (2021).Perancangan Dan Pembuatan Alat pendeteksi Kualitas Jalan Untuk Mendukung Digitalisasi Data (Studi Kasus Di Kecamatan Antapani).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd