Ferdy Ambhara; " />
Record Detail Back

XML

Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Terhadap Produktivitas Kerja di PT. Krakatau Steel Divisi HSM (Hot Strip Mill)


Keselamatan dan kesehatan kerja karyawan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan perusahaan, baik yang bergerak dalam bidang produksi barang maupun jasa. Karyawan merupakan aset penting perusahaan. Sehingga seberapa besar perhatian perusahaan terhadap keselamatan dan kesehatan kerja karyawan menarik untuk diteliti. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh keselamatan dan kesehatan kerja karyawan (K3) terhadap produktivitas kerja karyawan.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Jumlah sampel sebanyak 88 orang diperoleh dari jumlah populasi sebanyak 320 orang dengan menggunakan rumus Slovin, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan Sampel Acak Sederhana. Variabel bebasnya terdiri dari keselamatan kerja (X1) dan kesehatan kerja (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah produktivitas kerja karyawan (Y). Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel keselamatan kerja (X1) dan kesehatan kerja (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan Divisi HSM (Hot strop Mill) PT. Krakatau Steel Cilegon Banten. Dari perhitungan uji F diperoleh Fhitung 25,690 ≥ Ftabel 3,09 dengan nilai p sebesar 0,000 ≤ 0,05. Selain itu nilai Adjusted R Square yang sebesar 0,362 yang berarti besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah 36,2%. Dan uji t diketahui bahwa secara parsial variabel keselamatan kerja (X1) dan kesehatan kerja (X2) mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel terikat dengan perhitungan thitung variabel keselamatan kerja (X1) sebesar 2,839 ≥ ttabel 1,980 dan kesehatan kerja (X2) sebesar 4,766 ≥ ttabel 1,980. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan analisis regresi variabel produktivitas kerja memiliki nilai 1,877. Sedangkan dari distribusi variabel produkstivitas kerja yaitu item lingkungan kerja, peralatan produksi, tingkat keselamatan dan kesehatan, pengupahan dan jaminan kelangsungan kerja mempunyai nilai 3,17 sebagai jawaban tertinggi. Hal ini mengakibatkan adanya pengaruh dari produktivitas kerja karyawan PT. Krakatau Steel Divisi HSM (Hot Strip Mill) sebagaimana dapat dilihat melalui tabel 4.3 bahwa dari tahun 2016-
2018 produksi yang dihasilkan oleh PT. Krakatau Steel Divisi HSM (Hot Strip
Mill) mengalami peningkatan sebesar 1.827.283,17 ton atau 96,26%.
Ferdy Ambhara - Personal Name
103 658 AMB p
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Ferdy Ambhara. (2019).Pengaruh Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Terhadap Produktivitas Kerja di PT. Krakatau Steel Divisi HSM (Hot Strip Mill).(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd