Helmi Riyadi Hidayat; " />
Record Detail Back

XML

Perancangan Alat bantu Fasilitas Proses Penimbangan Bobot pada Mesin "AND" dengan Pendekatan Metode Anthropometri dan Quality Function Deployment (QFD) di PT. Cendo Guna Mendapatkan Kenyaman pada Operator


PT. Cendo adalah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang industri farmasi khususnya obat mata, produk yang dihasilkan berupa tetes mata steril, salep mata dan suplement mata (tablet). Proses pembuatan obat mata steril terdiri dari beberapa proses yang meliputi pengolahan bahan utama dan pengisian kedalam kemasan primer, pengecekan fisik sekaligus penimbangan bobot dan pemberian label, pengemasan kedalam kemasan sekunder.

Dalam pembuatan obat tetes mata steril terdapat proses yang dinilai kurang baik yaitu pada proses penimbangan bobot. Berdasarkan dari hasil analisis awal dan observasi yang dilakukan di bagian ini, operator merasa tidak nyaman dengan posisi ketika bekerja karena terdapat penggunaan box yang berlebih serta diameter box yang lebar sehingga membatasi ruang gerak operator tersebut. Adanya aktivitas yang tidak perlu untuk mengambil produk reject yang jatuh tercecer keluar dari box penampungan, sulitnya menjangkau produk reject yang ada didalam box penampungan untuk dipindahkan, operator merasa sakit pada bagian punggung, leher, pinggang dan kaki, sehingga perlu adanya fasilitas penunjang yang dapat mempermudah operator dalam melakukan proses penimbangan bobot.

Langkah awal yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan pengumpulan data dengan wawancara menggunakan kuesioner terbuka dan analisis 5W1H yang nantinya digunakan sebagai input pengolahan data dengan metode Quality Function Deployment (QFD) dan pengukuran anthropometri. Data anthropometri yang dibutuhkan berdasarkan kondisi kerja adalah Tinggi Sikut Duduk (TSD), Pantat ke Lutut (PKL), Tinggi Popliteal (TPO), Sikut ke Sikut (SKS), Jangkauan Tangan ke Depan (JTkD) dan Tebal Perut Duduk (TPD).

Hasil rancangan yang dilakukan berdasarkan kebutuhan sistem dan data antrhopometri adalah meja kerja dan penampung produk reject yang dilengkapi dengan adanya corong dan as penyangga fleksibel. Dimensi alat bantu dibuat berdasarkan hasil perhitungan anthropometri yang diambil yaitu persentil 50 (P50), ukuran rangka (panjang 55 cm, lebar 45 cm dan tinggi 75 cm), untuk penampang (panjang 55 cm, lebar 45 cm dan tinggi 5 cm), untuk Penampung produk reject (ᴓ 15 cm dan tinggi 25 cm) dan corong ukuran lebar 25 cm.
Helmi Riyadi Hidayat - Personal Name
81 658 HID p
600
Text
Indonesia
Universitas Langlangbuana
2019
Bandung
LOADING LIST...
LOADING LIST...
APA Citation
Helmi Riyadi Hidayat. (2019).Perancangan Alat bantu Fasilitas Proses Penimbangan Bobot pada Mesin "AND" dengan Pendekatan Metode Anthropometri dan Quality Function Deployment (QFD) di PT. Cendo Guna Mendapatkan Kenyaman pada Operator.(Electronic Thesis or Dissertation). Retrieved from https://localhost/etd